Featured Post

Aktivitas Listrik Sel Beta (sel β) Pankreas Mengontrol Sekresi Insulin

 

 

Sekresi insulin merupakan proses yang memerlukan energi dengan melibatkan sistem mirkotubulus dan mikrofilamen dal am sel B pulauLangerhans. Sebagaimana diketahui ada beberapa tahapan dalam proses sekresi insulin, setelah adanya rangsangan oleh molekul glukosa. Tahap pertama adalah proses glukosa melewati membranesel. Untuk dapat melewati membran sel beta dibutuhkan bantuan senyawa lain.

Glucose transporter GLUT) adalah senyawa asam amino yang terdapat di dalam berbagai sel yang berperan dalam proses metabolisme glukosa Fungsinya sebagai “kendaraan” pengangkutglukosa masuk dari luar kedalam sel jaringan tubuh. Glucose transporter 2 (GLUT 2) yang terdapat dalam sel beta misalnya, diperlukan dalam proses masuknya glukosa dari dalam darah, melewati membran, ke dalam sel. Proses ini penting bagi tahapan selanjutnya yakni molekul glukosa akan mengalami proses glikolisis dan fosforilasi di dalam sel dan kemudian membebaskan molekul ATP.

Molekul ATP yang terbentuk, dibutuhkan untuk tahap selanjutnya yakni proses mengaktifkan penutupan K channel  pada membran sel. Penutupan ini berakibat terhambatnya pengeluaran ion K dari dalam sel yang menyebabkan terjadiny atahap depolarisasi membran sel, yang diikuti kemudian oleh tahap pembukaan Ca channel . Keadaan inilah yang memungkinkan masuknya ion Ca sehingga menyebabkan peningkatan kadar ion Ca intrasel. Suasana ini dibutuhkan bagi proses sekresi insulin melalui mekanismeyang cukup rumit dan belum seutuhnya dapat dijelaskan.

Terjadinya aktivasi penutupan K channel tidak hanya disebabkan oleh rangsangan ATP hasil proses fosforilasi glukosa intrasel, tetapi juga dapat oleh pengaruh beberapa faktor lain termasuk obat-obatan. Namun senyawa obat-obatan tersebut, misalnya obat anti diabetes sulfonil urea, bekerja pada reseptor tersendiri, tidak pada reseptor yangsama dengan glukosa, yang disebutsulphonylurea receptor (SUR)  pada membran sel beta.

Pada Gambar A.Stimulus aktifitas sekresi listrik sel β pankreas, SUR mereseptor sulfonil urea KATP,ATP yang diatur oleh K+ channels, selanjutnya pada gambar B : Glukosa yang beraktifitas merangsang listrik sel β dan direkam saat konsentrasi glukosa meningkat dari 5 sampai 10mM glukosa yang ditunjukkan pada potensi membran.Gambar C merupakan sekresi insulin yang diinduksi glukosa. Glukosa meningkat menjadi 11mM seperti ditunjukkan pada grafik yang horizontal,tahap pertama terjadi selama 10 menit selanjutnya pada tahap kedua lebih lambat.

Pada gambar D, merupakan interpretasi polarilis. Pada tahap pertama sekresi insulin mencerminkan eksositosis dari RRP,tahap kedua butiran terletak lebih jauh dari RRP, mobilisasi butiran dari cadangan yang berada dalam RRP melibatkan satu atau beberapa reaksi ATP-ADP. Sekresi insulin ditimbulkan oleh Ca 2+ potensial aksi.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOTOSINTESIS