Featured Post

CIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP

Semua mahluk hidup dapat dibedakan dengan benda mati. Hal ini terjadi karena mahluk hidup mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh benda mati. Adapun ciri-ciri yang diiliki oleh makhluk hidup adalah:

A.    Bergerak.
 Gerak adalah perubahan kedudukan dari posisi semula. Manusia dan hewan dapat bergerak secara aktif karena mempunyai alat gerak dan mudah diamati. Misalnya, burung dengan sayap, manusia, kambing, dan kucing bergerak dengan kaki. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.
Tumbuhan tidak dapat bergerak secara aktif.
Gerak pada tumbuhan dapat kita amati pada pertumbuhan tunas kearah sinar matahari, gerak tumbuh ujung akar menembus tanah, dan gerak mekarnya bunga pukul empat pada sore hari.


B.       Bernafas (Respirasi)

     Semua mahluk hidup melakukan respirasi (bernapas)Respirasi adalah proses pemecahan makanan dan pelepasan energi. Respirasi juga bisa diartikan sebagai proses pengambilan udara yang banyak mengandung oksigen dan mengeluarkan zat sisa berupa karbon dioksida dan uap air.Melalui proses respirasi ini akan dihasilkan energi. Alat apa yang digunakan mahluk hidup untuk bernapas? Mahluk hidup mempunyai alat khusus untuk bernapas. Manusia dan hewan yang hidup di darat bernapas dengan paru-paru. Sedangkan hewan yang hidup di air, misalnya ikan bernapas dengan insang.

                Nutrisi

    Makanan sangat diperlukan untuk memasok nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh mahluk hidup. Untuk mendapatkan makanannya, manusia dan hewan mengambil makanan yang bersumber dari lingkungan sekitarnya baik tumbuhan maupun hewan. Tumbuhan dapat membuat makan sendiri dengan bantuan sinar matahari atau sering disebut dengan fotosintesis


D.    Tumbuh dan Berkembang

            Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran yang meliputi:

1.         Tinggi

2.         Berat

3.         Besar (Volume)

Pada proses pertumbuhan terjadi peningkatan ukuran fisik diakibatkan oleh perbanyakan sel, penambahan substansi sel, dan meningkatnya jumlah zat interseluler (ruang antar sel), serta perubahan bentuk yang terjadi bersama proses tersebut.
Sedangkan perkembangan adalah proses perubahan mahluk hidup dari muda menjadi dewasa. pada tahap perkembangan terjadi proses pembentukan struktur tubuh yang memiliki fungsi khusus.


E.              Berkembang Biak

        Ciri mahluk hidup selanjutnya adalah mahluk hidup mampu berkembang biak. Berkembang biak         artinya mampu menghasilkan individu baru. Dengan kemampuan itu mahluk hidup dapat                      mempertahankan jenisnya agar tidak punah.

        Ada dua cara perkembangbiakan pada mahluk hidup, yaitu:

    1. Vegetatif : terbentuknya individu baru tanpa melalui perkawinan. Ada dua perkembangan vegetatif menurut asalnya, yaitu:

   § Perkembangbiakan vegetatif alami

        Contoh : pohon pisang berkembangbiak dengan tunas

   § Perkembangbiakan vegetatif buatan

     Contoh : mencangkok, menyambung, stek, menempel, dan merun

§ 2.2. Generatif: Perkembangbiakan generatif melibatkan individu jantan penghasil sel kelamin jantan dan individu betina penghasil sel kelamin betina. Contohnya beranak dan  bertelur  

F. Peka terhadap rangsangan

Kita peka terhadap rangsangan tekanan, kasar, halus, panas, dingin. Dan
bukan hanya kulit yang berperan dalam proses penerimaan rangsangan pada tubuh. Akan tetapi ada empat organ lagi yang berperan sebagai penerima rangsangan dalam tubuh kita, yaitu: Mata,Hidung,Telinga,Lidah.Kelima jaringan dan organ ini disebut juga sebagai panca indera.
Meskipun tidak mempunyai alat indera, tumbuhan juga peka terhadap rangsangan. Contohnya adalah tanaman putri malu (mimosa pudica). Tumbuhan ini akan segera menutupkan daunnya jika ada rangsangan sentuhan atau getaran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktivitas Listrik Sel Beta (sel β) Pankreas Mengontrol Sekresi Insulin

FOTOSINTESIS